MGJaLWJ5LGR5LGB6NaZ7Mqp8N7csynIkynwbzD1c

Hukum dan Manfaat Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua

BLANTERLANDINGv101
5438489289673066953

Hukum dan Manfaat Ziarah Kubur ke Makam Orang Tua

Minggu, 31 Maret 2019
Assalamualaikum warahmatullahi wa Barokatuh,,

Alhamdulillah kita ucapkan sebab Allah Subhanahu wa Taala menghendaki kita untuk belajar dan semoga kita menjadi makhlukNya yang selalu Istiqomah mengaji di manapun berada.

Sholawat dan salam kita panjatkan juga kepada Baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, yang menyebabkan kita mengetahui mana yang benar, dan mana yang salah.

 اللهم صل على سيدنا محمد

Pada tulisan yang sederhana ini, kita akan mencari tahu kaitan dengan dalil, dan manfaat ziarah kubur ke makam orang tua, dan semoga bermanfaat di dunia dan akhirat. Aamiin ya Allah..

Kita diciptakan di dunia perantara adanya orang tua. Mereka yang melahirkan, serta mengasuh kita penuh dengan kasih sayang, tentu tidak dapat di balas dengan materi saja.

Bahkan, apabila kasih sayang dan harta yang kita miliki diberikan semuanya kepada mereka, tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan kasih sayang mereka yang tercurah untuk kita.

Dalam surat Al-Isro, ayat 23, kita diwajibkan berbuat baik kepada mereka, tidak boleh berkata kasar, dan harus bertutur kata yang sopan, dan mulia.

Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:
وَقَضٰى رَبُّكَ اَ لَّا تَعْبُدُوْۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِا لْوَا لِدَيْنِ اِحْسَا نًا ۗ اِمَّا يَـبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
Teks ayat bersumber, Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com
Melalui satu ayat di atas, kita tahu kewajiban anak terhadap orang tuanya adalah, berbuat baik, tidak boleh berkata kasar, memuliakan, atau biasa disebut dengan istilah Birrul Walidain.

Namun, bagaimana jika orang tua sudah tiada. Apakah kita masih bisa birrul Walidain (Berbuat Baik Kepada Orang Tua) ?

Kita masih bisa birrul Walidain meskipun mereka sudah meninggal dunia dengan cara selalu mendoakan, dan pergi ziarah kubur ke makam mereka.

Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyathi dalam karyanya Hasyiyah I‘anatut Thalibin mengutip hadits sebagai berikut:
فقد روى الحاكم عن أبي هريرة رضي الله عنه "من زار قبر أبويه أو أحدهما في كل جمعة مرة غفر الله له وكان بارا بوالديه
Imam Al-Hakim meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja menziarahi makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya sekali setiap Jumat, niscaya Allah hapus dosanya. Ia pun dinilai sebagai anak berbakti kepada orang tuanya.”

Pengarang kitab I‘anatut Thalibin mengutip hadits lainnya kaitan dengan

cara berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal.

وروي "إن الرجل لا يموت والداه وهو عاق لهما فيدعو الله لهما من بعدهما فيكتبه الله من البارين
Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh seseorang yang durhaka ketika kedua orang tuanya masih hidup, lalu ia mendoakan keduanya selepas keduanya meninggal dunia, niscaya Allah akan mencatatnya sebagai anak berbakti.”
Nu Online.
Keterangan atau khadis tersebut menceritakan tentang seseorang yang durhaka semasa orang tuanya masih hidup, dan kemudian dia mendoakan setelah orang tuanya meninggal dunia. Kemudian, doa tersebut dianggap sebagai Birrul Walidain oleh Allah Subhanahu wa Taala.

Dalil, dan manfaatnya ziarah kubur.

Imam Turmudzi meriwayatkan satu hadits di mana Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallama bersabda:
قَدْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ القُبُورِ، فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِي زِيَارَةِ قَبْرِ أُمِّهِ، فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الآخِرَةَ
Artinya: “Sungguh dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur. (Kini) telah diijinkan bagi Muhammad untuk berziarah ke kubur ibunya. Maka berziarah kuburlah kalian, karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan akan akhirat.” Nu Online.

Khadis tersebut, kiranya sudah cukup jelas bahwa ziarah kubur termasuk anjuran Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم karena salah satu manfaatnya ziarah kubur yaitu, dapat mengingatkan kita kepada kematian, dengan ziarah kubur, kita dapat mendoakan mereka yang sudah meninggal.

والله اعلم بالصواب

Cukup sekian, dan semoga bermanfaat di dunia dan akhirat... Tonton juga videonya di bawah ini..
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa Barokatuh.
BLANTERLANDINGv101

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang