MGJaLWJ5LGR5LGB6NaZ7Mqp8N7csynIkynwbzD1c

Bolehkah Membaca / Menulis Al Quran dengan Bahasa Latin Indonesia dan lainnya ?

BLANTERLANDINGv101
5438489289673066953

Bolehkah Membaca / Menulis Al Quran dengan Bahasa Latin Indonesia dan lainnya ?

Rabu, 03 April 2019
Assalamualaikum warahmatullahi wa Barokatuh. Alhamdulillah, dan semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk kita semua... أمين
اللهم صل على سيدنا محمد

Kita diciptakan Allah Subhanahu wa Taala tidak lain hanya untuk beribadah. Tapi yang perlu diketahui, Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan kita beribadah bukan karena kebutuhan-Nya disembah kita.

Melainkan, yang merasakan manfaat dan hikmahnya beribadah adalah kita sendiri. Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi kita berusaha agar dapat Istiqomah melaksanakan ibadah, baik itu ibadah yang wajib maupun ibadah yang sunnah, seperti membaca Alquran.

Membaca Alquran termasuk ibadah Sunnah, yang pahala dan manfaatnya luar biasa. Yang lebih menakjubkan, kita tetap mendapat pahala membaca Alquran meskipun tidak mengetahui artinya. Namun, yang cukup memprihatinkan adalah tidak semua umat Islam pandai membaca Alquran.

Sebenarnya, banyak diantara mereka yang berharap dapat membaca Alquran meski belum menguasai huruf huruf Arab (Huruf Hijaiyah). Mungkin karena itu, tidak sedikit dari mereka yang menguasai huruf Hijaiyah dan pandai membaca Alquran kemudian menuliskan Ayat-ayat Al-Quran dengan huruf latin, agar mereka yang belum menguasai huruf Hijaiyah dapat membaca Alquran.
Alquran huruf latin
Yang menjadi pembahasan,

Apa hukumnya membaca atau menulis Ayat-ayat Al-Quran dengan huruf latin ?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita perhatikan keterangan yang terdapat di dalam kitab,
مناهل العرفان في علوم القران لمحمد عبد العظيم الزقاني
Juz dua, halaman 97-98.
إن علماءنا حظروا كتابة القرآن بحروف غير عربية
وعلى هذا يجب عند ترجمة القرآن بهذا المعنى الى أية لغة أن تكتب الأيات القرآنية إذا كتبت بالحروف العربية كيلا يقع إخلال وتحريف في لفظه فيتبهما تغير وفساد في معناه

Sesungguhnya ulama kita telah melarang penulisan Al-Qur'an memakai huruf selain Arab., dan berdasarkan hal ini wajib menulis ayat-ayat Al-Qur'an ketika menerjemah Al-Quran dengan bahasa apa saja, sebab ayat Alquran harus ditulis memakai bahasa atau huruf Arab, supaya tidak terjadi kesalahan dan perubahan lafad yang berdampak pada perubahan dan kerusakan makna.

سئلت لجنة الفتوى في الأزهر عن كتابة القرآن بالحروف اللاتينية فأجبت بعد حمد الله والصلاة والسلام على رسوله صلى الله عليه وسلم بما نصه
لا شك أن الحروف اللاتينية المعروفة خالية من عدة حروف توافق العربية فلا تؤدي جميع ما تؤديه الحروف العربية
فلو كتب القرآن الكريم بها على طريقة النظم العربي كما يفهم من الإستفتاء لوقع الإخلال والتحريف في لفظه ويتبعهما تغير المعنى وفساده
Lajnah Fatwa di Al-Azhar pernah ditanya tentang penulisan Al-Qur'an dengan memakai huruf latin, maka Lajnah Fatwa Menjawab "Tidak ada keraguan bahwa huruf latin yang sudah dikenal adalah sepi dari beberapa huruf yang mencocoki bahasa Arab, karena huruf latin tidak bisa mendatangkan semua perkara yang bisa didatangkan oleh huruf Arab.

Maka apabila Al-Quran yang mulia ditulis dengan huruf latin mengikuti metode susunan huruf Arab, maka terjadilah kesalahan dan perubahan di dalam lafadnya, dan berdampak pada perubahan dan rusaknya makna."

وقد قضت نصوص الشريعة بأن يصان القرآن الكريم من كل ما يعرضه للتبديل والتحريف
وأجمع علماء الإسلام سلفا وخلفا على أن كل تصرف في القران يؤدي إلى تحريف في لفظه أو تغيير في معناه ممنوع منعا باتا ومحرم تحريما قاطعا

Dan keterangan-keterangan syariat telah menetapkan bahwa Al-Qur'an yang mulia harus dijaga dari setiap perkara yang akan mendatangkan perubahan makna. Dan para ulama Islam baik dizaman dahulu maupun sekarang telah sepakat bahwa setiap tindakan yang dapat mendatangkan perubahan lafad atau maknanya Al-Qur'an itu dilarang dengan larangan yang keras, dan diharamkan dengan keharaman yang pasti.

وقد إلتزم الصحابة رضوان الله عليهم ومن بعدهم الى يومنا هذا كتابة القرآن بالحروف العربية
Dan para sahabat, serta generasi setelahnya sampai hari ini sungguh telah menjaga penulisan Al-Qur'an dengan memakai huruf Arab.

Tonton juga videonya agar lebih mudah memahaminya.. Insyaallah...

Kesimpulannya....

Kita tidak diperbolehkan membaca atau menulis ayat-ayat Al-Qur'an dengan huruf selain huruf Arab, karena hal itu dapat merubah lafad, atau makhroj, dan menyebabkan rusaknya makna ayat-ayat Al-Qur'an. Seperti yang telah kita ketahui, semua perkara yang menyebabkan berubahnya lafad, dan rusaknya makna ayat-ayat Al-Qur'an sangat dilarang, dan tentunya diharamkan.

والله اعلم
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa Barokatuh.
المرجع الأكبر
Referensi Umum Umat
Jilid 1, Halaman, 139-40.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang