MGJaLWJ5LGR5LGB6NaZ7Mqp8N7csynIkynwbzD1c

Hadits, Dalil Tentang Kemuliaan, Keutamaan Orang yang Berilmu dibanding ahli Ibadah

BLANTERLANDINGv101
5438489289673066953

Hadits, Dalil Tentang Kemuliaan, Keutamaan Orang yang Berilmu dibanding ahli Ibadah

Rabu, 29 Mei 2019
dalil keutamaan orang berilmu
KEMULIYAAN ORANG YANG BERILMU, ULAMA, KIYAI DAN SANTRI

Allah SWT berfirman :

{شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولوا العلم قائما بالقسط} [آل عمران : ١٨]

Inilah kemuliaan sejati yang Allah berikan kepada orang yang berilmu, dimana Allah SWT memulai dengan dzat-Nya yang maha tau kemudian para Malaikat dan kemudian  orang-orang yang diberikan ilmu oleh Allah yaitu kiyai dan santri.

Dikisahkan bahwa Sahabat Ibnu Mas'ud adalah seorang yang senantiasa berkhidmah kepada Rosulullah SAW,  hingga beliau dijuluki sebagai sohibu sirri rosulillah (pemilik rahasia2 rosululloh). Karna saking seringnya beliau bermulazamah bersama baginda. Beliau selalu menyiapkan bantal, sandal, dan air sesuci baginda. Beliau berperawakan kurus, agak pendek dan berkulit tebal/kasar. Beliau juga seorang yang paling bagus pakaiannya dan paling harum baunya diantara para sahabat Nabi. Suatu hari sahabat Ibnu Mas'ud ingin mengambil dahan dari pohon kayu arok untuk dibuat bersiwak namun beliau tak bisa menggapainya karena tertiup angin sedangkan beliau orang yang pendek fisiknya, melihat kejadian tsb para sahabat tertawa karenanya. Lalu Rosulullah SAW bersabda kepada para sahabat saat itu : "Apa yang kalian tertawakan?". "kedua kakinya yg pendek wahai Rasulullah" jawab para sahabat. Sesaat kemudian Nabi SAW bersabda membela Ibnu Mas'ud :

"والذي نفسي بيده لهما في الميزان أثقل من أحد"

"Demi dzat yg nyawaku berada di genggaman-Nya, sungguh kedua kaki nya (pahala) lebih berat timbangannya saat yaumul hisab dari pada gunung uhud"

Diriwayatkan jg bahwa Ibnu Mas'ud adalah salah satu sahabat yang sering sowan baginda Nabi SAW, berjalan bersama Rosul, membawakan tongkatnya, menutupinya ketika beliau mandi, membangunkannya ketika beliau tidur, memakaikan sandal Nabi ketika beliau hendak berdiri dan memakainya, dan meletakkan sandal mulia Nabi SAW di tangannya ketika baginda Nabi sedang duduk.

Rosulullah SAW bersabda kepada Ibnu Mas'ud :

"يا ابن مسعود جلوسك ساعة في مجلس العلم لا تمس قلما ولا تكتب حرفا خير لك من عتق ألف رقبة ونظرك إلى وجه العالم خير لك من ألف فرس تصدقت بها في سبيل الله وسلامك على العالم خير لك من عبادة ألف سنة"

"Wahai Ibnu Mas'ud, dudukmu di majlis ilmu walaupun hanya sebentar dan kau tak memegang pena, tak menulis satu huruf apapun itu lebih baik daripada engkau memerdekakan seribu budak. Engkau melihat wajah orang alim itu lebih utama dari pada engkau menyedekahkan seribu kuda dijalan Allah. Dan salammu yang kau ucapkan kepada orang alim itu lebih baik daripada ibadah seribu tahun"

Beliau SAW juga bersabda mengenai keistimewaan seorang kyai :

"فضل العالم على العابد كفضلي على أدناكم"

"Keutamaan orang alim mengalahkan keutamaan seorang ahli ibadah adalah seperti keutamaanku mengalahkan orang yang paling rendah diantara kalian"

Imam Ghozaliy memberikan anotasi terkait hadis tsb, beliau berkata : "Lihatlah bagaimana Nabi SAW menggandengkan derajat ilmu dengan derajat kenabian dan bagaimana beliau merendahkan derajat amal tanpa ilmu, meskipun orang yg beribadah pasti mengetahui ilmu tata cara ibadahnya namun ia tak mengetahuinya secara mendalam, jikalau tak ada ilmu tsb niscaya tak akan wujud suatu ibadah"

Dari Abu Huroiroh RA, beliau berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :

"إذا تحدث العالم في مجلسه بالعلم ولم يدخله هزل ولا لغو خلق الله تعالى من كل كلمة طلعت من فمه ملكا يستغفر الله له ولسامعه إلى يوم القيامة وإذا انصرفوا انصرفوا مغفورين لهم. ثم قال : هم القوم لا يشقي بهم جليسهم"

"Tatkala orang alim menerangkan suatu ilmu di majlisnya dan tak terdapat candaan serta kata-kata yg tak berguna dalam majlis tsb, maka Allah SWT akan menciptakan Malaikat dari setiap kalimat yang ia ucapkan, malaikat tsb selalu memintakan ampun kepadanya dan orang-orang yang mendengarkan ilmu darinya hingga hari kiamat." Sesaat  kemudian beliau bersabda : "Mereka (Ulama') adalah suatu kaum dimana teman duduknya tak akan pernah merugi"

والله اعلم بالصواب

📚 : (Kitab Tanqihul Qoul hal. 21)

#MT_FPKK_DUKEM
#NGAJI_SAMPAI_MATI
BLANTERLANDINGv101

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang