MGJaLWJ5LGR5LGB6NaZ7Mqp8N7csynIkynwbzD1c

Motivasi .. ! Mencari Ilmu Harus Tabah, dan Sabar

BLANTERLANDINGv101
5438489289673066953

Motivasi .. ! Mencari Ilmu Harus Tabah, dan Sabar

Minggu, 12 Mei 2019
MT. FPKK, Dukuh Kembang
Oleh : Muammar Sanes Ente
         : Muammar Kader Ansor

ولابد لطالب العلم من تحمل المشقة والنصب فى سفر التعلم, كما قال موسى عليه الصلاة والسلام فى سفر التعلم ولم ينقل عنه ذلك فى غيره من الأسفار " لقد لقينا من سفرنا هذا نصبا".

ليعلم أن سفر العلم لا يخلو عن التعب, لأن طلب العلم أمر عظيم وهو أفضل من الغزوات عند أكثر العلماء, والأجر على قدر التعب والنصب فمن صبر على ذلك وجد لذة العلم تفوق سائر لذات الدنيا...

Sudah seharusnya bagi para pencari ilmu (santri) untuk siap menanggung susah dan payah dalam proses mencari ilmu (ngaji/mondok),

Seperti yang telah didawuhkan oleh Nabi Musa عليه الصلاة والسلام dalam pengalamannya saat proses perjalanan mencari ilmu, dan tidak pernah beliau merasakan pengalaman yang begitu membutuhkan ketabahan dan kesabaran selain pengalaman dalam proses mencari ilmu.

Beliau Nabi Musa AS dawuh : "Sungguh aku telah mengalami dan melewati proses yang begitu sangat sulit (penuh dengan susah payah) dalam perjalanan mencari Ilmu."

Hal ini agar menjadi pelajaran/pengetahuan bagi para santri bahwa perjalanan dalam proses menacri ilmu itu harus sabar melawati segala macam aral dan rintangan serta ujian, tidak bisa terlepas dari susah dan payah yang harus dilewati.

Karna mencari ilmu adalah perkara yang sangat agung, menurut mayoritas Ulama mencari ilmu itu jauh lebih utama dibanding mengikuti peperangan-peperangan (jihad melawan orang-orang kafir).

Pahala atau imbalan yang kita dapat itu tergantung seberapa besar aral dan rintangan serta ujian yang kita hadapi.

Barang siapa bersabar menghadapi segala macam ujian, cobaan, aral dan rintangan serta kesusahan dalam proses mencari Ilmu maka dia akan mendapatkan dan merasakan kelezatan/keni'matan ilmu melebihi kelezatan/keni'matan-keni'matan dunia.

(تعليم المتعلم, ص: 35)

#MT_FPKK_DUKEM
#NGAJI_SAMPAI_MATI
BLANTERLANDINGv101

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang